Imigrasi Bima Gelar Operasi Gabungan Timpora Tingkat Kabupaten

Kabupaten Bima. Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Kabupaten Bima melaksanakan Operasi Gabungan (OPGAB) Tingkat Kabupaten di wilayah Kecamatan Parado Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Selasa (15/08).

Imigrasi Bima Gelar Operasi Gabungan Impora - Halo Bima
Imigrasi Bima Gelar Operasi Gabungan Timpora – Halo Bima

Operasi ini sesuai dengan surat perintah Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut rekomendasi hasil rapat koordinasi TIMPORA pada tanggal 8 Agustus 2023 lalu.

Rapat persiapan Operasi Gabungan dipimpin oleh Kepala Sub Seksi TI Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Kanwil Kemenkumham NTB, Lalu Rijal Pebriyadi, yang memberikan arahan terkait pelaksanan giat OPGAB ini.

Baca JugaKantor Imigrasi Bima Buka Layanan Paspor Merdeka

Kepada media halobima, Mengutip arahan itu, Kepala Imigrasi Bima, M. Usman, Menyampaikan bahwa operasi ini juga bertujuan untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat setempat melalui sektor pariwisata.

“Tak hanya dalam hal perizinan dan penegakan hukum, salah satu tujuan kegiatan adalah untuk mendukung pariwisata dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat. Kalo sebuah destinasi wisata sudah memiliki administrasi yang baik, terlebih lagi ini milik orang asing, maka pendataan destinasi aka mudah. Dan ke depan pengelolaannya akan jelas dan semua destinasi pariwisata harus memberikan dampak terhadap perekonomoan sekitar” Jelasnya.

Dalam kegiatan Operasi Gabungan (OPGAB) Pengawasan Orang Asing di Wilayah Kabupaten Bima ini berfokus pada salah satu resort yang terletak di daerah Kecamatan Parado, yaitu Tenggara Point Resort. Adapun di lokasi itu terdapat 2 orang Tenaga Kerja Asing yang bekerja.

Seluruh anggota TIMPORA yang ikut dalam operasi melakukan pemeriksaan Dokumen Keimigrasian dan izin tinggal, perizinan usaha terhadap orang asing guna memastikan legalitas keberadaan dan kegiatan orang asing tersebut.

Baca Juga :  Indonesia Dorong Negara Asia Afrika Menjadi Mitra Dialog Global

“Semua kami periksa, dari ijin usaha sampai administrasi pribadi warga asing ini”

Operasi Gabungan (OPGAB) berakhir dan dilanjutkan dengan Rapat Evaluasi Kegiatan yang dipimpin Kepala Sub Seksi TI Inteldakim guna inventarisir dan membahas segala temuan selama operasi berlangsung


Imigrasi Bima Gelar Operasi Gabungan Timpora

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *