Banyak BPJS Gratis Tidak Aktif, Ini Kata Kadis Sosial

Kota Bima, Halo Bima — Pemerintah Kota Bima sejak era Lutfi Feri melahirkan kebijakan pembiayaan BPJS gratis untuk masyarakat Kota Bima. Sejak 2018-2023 Lutfi Feri menganggarkan 16 miliar pertahun untuk 96 ribu penerima BPJS.

Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Yuliana, S. Sos. Foto: Halo Bima
Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Yuliana, S. Sos. Foto: Halo Bima

Masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri ke dinas sosial, dalam tempo 24 jam BPJS langsung aktif. Namun belakangan, banyak masyarakat melaporkan bahwa BPJS mereka sudah tidak aktif.

Kepala Dinas Sosial, Yuliana, saat ditanyai perihal ini, menjelaskan salah satu faktor yang sering luput dari perhatian penyebab BPJS tidak aktif.

“Apabila masyarakat tidak menggunakan BPJS itu selama 3 bulan, ada kemungkinan oleh sistem dinon-aktifkan,” kata Yuliana saat ditemui di Kantor Dinas Sosial Kota Bima, Senin (24/06/2024).

Untuk itu, Yuliana menambahkan, kepada masyarakat penerima untuk terus gunakan BPJS, minimal sekali dalam sebulan.

“Kami selalu himbau pada saat turun ke lapangan. Minimal sebulan sekali harus digunakan. Kalaupun tidak sakit, minimal berkunjunglah ke faskes untuk sekedar cek kesehatan atau mengambil vitamin harian,” lanjutnya.

Yuliana juga menjelaskan, apabila sudah tidak aktif, maka masyarakat penerima bisa mengurusnya kembali ke Dinas Sosial Kota Bima.

“Boleh diurus kembali untuk diaktifkan lagi. pelayanan untuk BPJS di Dinas Sosial setiap hari kerja mulai jam 08.30 hingga jam 12 siang,” jelasnya

Hingga bulan Juni 2024 ini, sebanyak 66.972 masyarakat telah terdaftar dalam program BPJS gratis. Untuk itu masyarakat diharapkan memanfaatkan kepesertaan BPJS tersebut.

“Kami sangat berharap kepada masyarakat, manfaatkan dengan baik BPJS ini untuk kesehatan kita semua,” harapnya.

(Agil/01)

Bagikan:
Baca Juga :  Bawa Ganja 1.8 Kg, Seorang Pemuda Diringkus Polisi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *