Tim Jumat Salam Prov NTB Sambangi Kelurahan Pane Kota Bima

Tim Jumat Salam Prov NTB Sambangi Kelurahan Pane Kota Bima

Tim Jumat salam Provinsi NTB saat menyambangi Kelurahan Pane Kota Bima. (Halo Bima/Dedy Kurniawan)

Halo Bima. Pemerintah Daerah Prov NTB akan menyambangi 1021 desa se Nusa Tenggara Barat, salah satunya kelurahan Pane Kota Bima yang dikunjungi hari ini, Sabtu (02/12). Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Jumpa Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat atau Jumat Salam.

Jumat Salam di Kelurahan Pane dihadiri oleh Pejabat dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi NTB sebagai perwakilan dari Pj Gubernur Drs. H. Lalu Gita Ariadi yang terdiri dari Kabag Kerjasama Drs.Hayatuddin, Koordinator Otonomi Daerah Drs. H. Adam, MM Dan Koordinator Pemerintahan Ir. Yusmi Zustia. Selain itu juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Kelurahan Pane yang terdiri dari Lurah Pane, Ketua Pemuda, Ketua Karangtaruna, Para Kader Posyandu, Ketua RT RW, dan Babinkamtibmas Pane.

Diketahui Jumat salam merupakan program pemerintah Provinsi NTB yang diinisiasi oleh PJ Gubernur yang bertujuan untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat sehingga pemerintah mampu menyerap dan mendengarkan persoalan masyarakat di setiap Desa dan Kelurahan se Prov NTB.

Dalam kesempatan Jumat Salam yang digelar di Kelurahan Pane, tokoh masyarakat yang hadir cukup antusias mengikuti kegiatan itu, sehingga berlangsung diskusi yang intens.

Masyarakat menyampaikan beberapa persoalan, dari permasalahan tanah yang memiliki dua sertifikat, permasalahan insentif para kader posyandu, serta persoalan pembangunan.

Selain itu, masalah dukungan terhadap UMKM , permasalahan lingkungan dan hutan yang habis dibabat untuk menanam jagung, permasalah bantuan sosial seperti PKH dan permasalahan stunting, juga tak luput dari pembahasan dalam diskusi.

Semua aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, tim Jumat Salam akan merangkum, kemudian meneruskan ke atas untuk dirumuskan dan dibahas guna menghasilkan solusi pasti dari permasalahan yang ada.

Baca Juga :  Persembahan 1.000 Bendera Dari Nelayan Untuk HUT RI 76

Kabag Kerjasama Setda Provinsi NTB Drs.Hayatuddin menyampaikan bahwa perumusan hasil aspirasi masyarakat sebagai dasar untuk mementukan OPD mana yang akan bertanggungjawab terhadap penyelesaiannya.

“nanti hasil dari kunjungan – kunjungan ini, akan kami laporkan untuk kemudian dirumuskan untuk mengetahui porsi atau bagian pemerintah yang mana yang akan menyelesaikannya,” ujar Hayatuddin.

“Nanti kami akan merekomendasikan ke Pemerintah Daerah tingakat kota atau kabupaten, jika sumber daya atau anggaran di tingakat kota tidak memungkinkan, maka akan diakomodir oleh pemerintahan tingkat provinsi,” tammbahnya.

Masih di tempat yang sama, Koordinator Pemerintahan Ir. Yusmi Zustia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah antusias ikut mendukung program Jumat Salam ini.

“Dengan program Jumat Salam ini, kita bisa menarik benang merah dari setiap persoalan yang ada. Seperti persoalan yang terkait dengan narkoba, stunting, pernikahan dini, dan lain lain. Sehingga nantinya kita bisa melakukan evaluasi di tingkat provinsi,” ujarnya.

Usai menyelesaikan kunjungan di Kelurahan Pane, tim Jumat Salam akan terus berkunjung ke desa dan kelurahan lainnya di Nusa Tenggara Barat.

(agil)


Tim Jumat Salam Prov NTB Sambangi Kelurahan Pane Kota Bima

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *