85 Perahu Hias Akan Ramaikan Pantai Lawata

Kota Bima. 85 Perahu Hias Akan Ramaikan Pantai Lawata. Masih dalam satu rangkaian event di Pantai Lawata, rencananya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima akan menggelar beberapa kegiatan pada hari Minggu (24/09) mendatang. Antara lain adalah lomba Balap Sampan dan lomba Perahu Hias.

Technical meeting di aula DKP Kota Bima. membahas teknis lomba perahu hias dan dayung sampan di pantai Lawata. (HALOBIMA/Ihsan)
Technical meeting di aula DKP Kota Bima. membahas teknis lomba perahu hias dan dayung sampan di pantai Lawata. (HALOBIMA/Ihsan)

Baca Juga : Walikota Bima Apresiasi Event Kemerdekaan Di Lawata, Sebut Kota Bima Miniatur Indonesia

Berdasarkan hasil technical meeting yang digelar di aula DKP Kota Bima pada hari Kamis (21/09), sebanyak 85 perahu hias akan meramaikan lomba. Kegiatan yang rencananya dimulai pukul 08.30 WITA tersebut akan diawali dengan konvoi perahu hias di sekitar Pantai Lawata yang berakhir di dermaga barat Pantai Lawata.
“Setelah itu perahu hias akan dinilai oleh dewan juri dengan beberapa kriteria penilaian”, ujar I Munandar Wartapane, salah seorang juri yang akan menilai lomba perahu hias.

Bagi seluruh perahu hias yang mengikuti lomba, akan diberi hadiah langsung oleh DKP. Sementara bagi beberapa peserta lomba yang mendapat nilai terbaik dalam lomba perahu hias, akan mendapat hadiah dengan total jutaan rupiah.

“Ada dua jenis hadiah yang akan kita berikan pada peserta lomba perahu hias, yaitu hadiah langsung untuk seluruh peserta, dan hadiah bagi para juara lomba”, ungkap Surya Mahyiddin Ridha, SP, Kabid Perikanan Tangkap DKP Kota Bima.

Sementara kegiatan lain yang tak kalah serunya adalah lomba dayung sampan. Berdasarkan hasil keputusan technical meeting, satu tim lomba dayung sampan hanya terdiri dari tiga orang saja. DKP menyiapkan tiga sampan untuk seluruh peserta dengan sistem gugur untuk dua tim peserta yang kalah pada satu sesi lomba.

“Karena kita juga memperhitungkan waktu jika tidak memakai sistem gugur. Belum lagi biasanya akan ada eksebisi yang akan diikuti oleh instansi dan pejabat yang akan menambah keseruan kegiatan minggu nanti”, terang Jamaludin, SP, Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Bima pada seluruh peserta technical meeting.

Untuk lomba dayung sampan, hanya beberapa kelurahan saja yang menyatakan ikut. Sementara kelompok nelayan Kelurahan Kolo hanya akan berpartisipasi pada lomba perahu hias saja.

Baca Juga :  Repatriasi Korban Pelanggaran HAM Berat Terbuka Lebar

Demi kelancaran dan keamanan kegiatan, DKP Kota Bima juga menggandeng TNI AL, Polairud Polres Bima Kota dan Kantor SAR Bima. Untuk masing-masing satuan pengamanan akan menyiapkan speed boat dan empat personel yang siap mengawal selama kegiatan berlangsung. Ihsan

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *