Dinsos Kota Bima Gelar Sosialisasi “Mata Kita” Guna Bantuan Tepat Sasaran

Kota Bima. Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Sosial menggelar Sosialisasi Inovasi Mata Kita atau Rumah Data Kemiskinan Kota Bima. Senin (6/12).

Sosialisasi yang diselenggarakan di Aula Utama Dinas Sosial ini dimaksudkan sebagai gebrakan baru untuk menanggapi isu yang tersebar di tengah masyarakat bahwa penyaluran bantuan sosial kerap tidak tepat sasaran.

Hal ini tentu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besar bagi Dinas Sosial  untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat tersebut. Pada kesempatan itu, Dinas Sosial menghadirkan OPD terkait, Media, Akademisi, dan beberapa Lurah dan Camat se Kota Bima.

Pihak – pihak yang dihadirkan ini diharapkan dapat membantu untuk menyampaikan informasi yang akurat terkait pengelolaan data kemiskinan di Kota Bima.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Kelembagaan Sosial (Kabid PFM) Kota Bima, Drs. H. Iksan,  bahwa DTKS bukan hanya untuk warga miskin

“Data kemiskinan di Kota Bima selama ini patokannya hanya dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS, padahal di dalamnya tidak hanya mencakup orang miskin, melainkan juga orang tidak mampu. Sehingga DTKS jumlahnya hampir 60% dari jumlah penduduk di Kota Bima ” Ujarnya.

Dengan adanya inovasi ini, Dinas Sosial berharap proses penyaluran bantuan sosial lebih tepat sasaran. Lebih dari itu, penggunaan rumah data ini juga dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh OPD lain yang membutuhkan.

Bagikan:
Baca Juga :  Lagi, Dinas Sosial Kota Bima Serahkan Motor Dinas PKH

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *